Syarat Teknis

  1. Novel yang dikirimkan adalah hasil karya Penulis sendiri dengan syarat novel tersebut bebas dari publisher/penerbit lain (belum terdaftar sebagai hak cipta milik penerbit lain).
  2. Naskah novel minimal 100 halaman, font Times New Roman ukuran 12 dengan margin batas default ( margin atas, bawah, kiri dan kanan adalah 1″).
  3. Sertakan blurb (sinopsis) yang berisikan materi seputar cerita novel yang menarik dan dapat mengundang rasa penasaran bagi pembaca.
  4. Sertakan kata pengantar, dan “tentang penulis” dalam novel kamu.
  5. Penulis dapat mengirimkan lebih dari 1 novel.
  6. Novel bebas dari unsur JUDI, EROTIS, PORNOGRAFI yang eksplisit dan unsur negatif lainnya.
  7. Novel dikirim dalam bentuk .doc/ .docx
  8. Penulis tidak harus membuat cover novelnya sendiri (dapat dibuatkan oleh pihak BukuOryzaee)

 

Ketentuan Penerbitan Umum.

Dengan mengirimkan naskah novel kepada BukuOryzaee, penulis atau pemegang lisensi dengan ini menyetujui bahwa :

  1. Pemegang Lisensi dengan ini memberi izin dan menyerahkan hak ekonomi atas naskah tersebut kepada Penerbit yang menyatakan setuju dan menerima penyerahan lisensi dari naskah Pemegang Lisensi yang bersangkutan
  2. Pemegang Lisensi memberi izin dan menyerahkan lisensi tersebut, dimaksudkan agar Penerbit mempunyai hak tunggal sebagai berikut:
      1. Hak mencetak naskah dengan pemberitahuan tiras (oplag) cetakan kepada Penerbit;
      2. Hak untuk terbit dalam bentuk buku, buku cetak dan atau buku elektronik;
      3. Hak perdagangan di seluruh Indonesia maupun luar negeri.
  3. Penyerahan sebagaimana dimaksudkan di atas, bersifat pemberian izin atau hak secara khusus atau eksklusif yang diberikan kepada Penerbit untuk melakukan kerja sama penerbitan bersama.

 

Kewenangan Penerbit.

Dengan mengirimkan naskah novel kepada BukuOryzaee, penulis atau pemegang lisensi dengan ini menyetujui bahwa Penerbit :

  1. Menentukan atau pun mengubah kategori naskah, apakah masuk Kategori Premium, Freemium, atau pun Free, dengan terlebih dahulu memberikan pemberitahuan kepada Pemegang Lisensi selama proses review naskah berlangsung;
  2. Menentukan penetapan perwajahan interior, perwajahan sampul, spesifikasi produk, dan model pencetakan, termasuk dicantumkannya logo dan alamat pada sampul depan dan halaman prelims buku sebagai Penerbit;
  3. Menentukan inovasi dari aplikasi buku elektronik;
  4. Melakukan penyuntingan mekanik dan penyuntingan substantif tanpa mengubah makna naskah asli atau maksud Pemegang Lisensi/ pengarang;
  5. Melakukan promosi dengan melibatkan pihak ketiga sesuai dengan persetujuan Pemegang Lisensi;
  6. Hal yang menyangkut hal-hal perbaikan juga melibatkan Pemegang Lisensi untuk hal-hal yang dianggap perlu, seperti perwajahan sampul dan materi sampul belakang;
  7. Apabila Pemegang Lisensi putus atau memutuskan kontrak kerja sama dengan Penerbit, maka penetapan sampul depan, penyuntingan naskah, penataletakan naskah yang dilakukan oleh Penerbit yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk diberikan kepada penerbit lain.

 

Masalah Hak Cipta

  1. Bahwa karya tulis (buku) tersebut benar-benar hasil ciptaannya sendiri, yang lahir atas inspirasi, kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi, sehingga Penulis meyakinkan Penerbit bahwa ciptaan karya tulis (buku) miliknya tersebut tidak mengandung sesuatu hal yang melanggar hak cipta orang lain (plagiasi).
  2. Bahwa karya tulis (buku) tersebut tidak diberikan kepada penerbit lain selama proses konfirmasi atau editing setelah dikirimkan kepada penerbit.
  3. Apabila naskah pernah dipublikasikan di penerbit lain, diharapkan naskah tersebut sudah melalui proses hingga tidak ada lagi tanggungjawab yang mengikat dari penerbit sebelumnya.
  4. Apabila ditemukan suatu pelanggaran setelah diterbitkannya novel oleh BukuOryzaee, maka Penulis bersedia menerima konsekuensi dari Penerbit BukuOryzaee.

 

Perihal Penting

  1. Naskah yang telah dikirim tidak dapat dicabut atau ditarik kembali sebelum mendapatkan keputusan publikasi dari penerbit.
  2. Apabila novel yang dikirimkan masuk ke dalam pelanggaran oleh pihak GooglePlay (suspended) maka saat itu juga bagi hasil royalti elektrik untuk novel tersebut berhenti.
  3. Setelah mendapatkan keputusan dan naskah Pemegang Lisensi layak terbit di BukuOryzaee Publisher, naskah Pemegang Lisensi akan masuk dalam daftar antrian naskah yang akan diproses/ editing (Penerbit memberikan pemberitahuan sebelumnya).
  4. Setelah pihak Penerbit memberikan pemberitahuan bahwa naskah masuk dalam daftar antrian editing, Penerbit akan memberikan Surat Perjanjian Lisensi Naskah dalam format pdf. Pemegang Lisensi kemudian wajib mencetak Surat Perjanjian Lisensi Naskah tersebut dengan dibubuhi materai 6000 dan ditandatangani kemudian dikirimkan ke alamat kantor BukuOryzaee Publisher.
  5. Sebelum Surat Perjanjian Lisensi Naskah sampai ke alamat Penerbit, naskah Pemegang Lisensi tidak dapat diterbitkan.
  6. Penulis yang mencabut dan menarik naskahnya kembali sebelum mendapatkan keputusan publikasi dari penerbit, diwajibkan untuk mengirimkan surat pernyataan penarikan naskah dengan dibubuhi materai 6000.
  7. Peraturan BukuOryzaee dapat di-update sewaktu sesuai dengan keadaan dan ketentuan yang ada di GooglePlay.
  8. Penulis yang mencabut dan menarik naskahnya kembali sebelum mendapatkan keputusan publikasi dari penerbit, diwajibkan untuk menandatangani kontrak yang kami berikan beserta surat pernyataan pencabutan naskah dengan dilampirkan materai 6000 dan menerima sanksi sebagaimana pada poin
  9. Peraturan BukuOryzaee dapat diupdate sewaktu sesuai dengan keadaan dan ketentuan yang ada di GooglePlay.

 

*Dengan mendaftarkan diri dan naskah novel ke BukuOryzaee, artinya Penulis telah setuju dengan peraturan di atas dan siap dengan konsekuensi yang berlaku.